Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Pencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia.

Foto: (Achmad Fauzi)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi terus berupaya agar cabang olahraga (cabor) pencak silat bisa dipertandingkan di level olimpiade.

(Foto : Radar Tasikmalaya)

UNESCO menetapkan Pencak Silat sebagai Warisan Budaya Dunia Tak Benda dari Indonesia. (Foto: Kompasiana)

Nampak suasana Festival Olahraga Tradisional. Festival Olahraga Tradisional (FOT) merupakan lomba tahunan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Bidang Pemuda dan Olahraga Kota Batu. (Foto: BeritaJatim)

Olahraga Tradisional Pring Geprak, asal Kota Batu, Malang memiliki tiga unsur dalam penampilannya, yaitu pendidikan, budaya, dan tradisi. (Foto: Indonesian Arts Files)

Selain Silat Pring Geprak, masih banyak seni & olahraga tradisional yang dimiliki Indonesia. Tarik Tambang misalnya. (Foto: The Rich Monder)

Foto ini diambil ketika sedang berlangsung Event Olahraga yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Batu. Antuasias masyarakat Kota Batu memang patut diacungi jempol. (Foto: Radar Malang)

Dari foto yang didapatkan di atas, ternyata banyak olahraga tradisional yang dimiliki oleh Indonesia, seperti tarik tambang, pencak silat, egrang, bantengan, karapan sapi, sepak takraw, balap karung, pacu jalur, dan masih banyak lagi. Ada pun olahraga tradisional dari Jawa Timur, Silat Pring Geprak misalnya. Tidak hanya sebagai olahraga tradisional, Silat Pring Geprak ini memiliki banyak makna gerakan budaya dan mengandung tiga substansi, yaitu pendidikan, budaya, dan tradisi.

Silat Pring Geprak berawal dari kehidupan masyarakat Songgoriti, katanya. Biasanya, olahraga ini tampil saat hujatan besar masyarakat Songgoriti, yaitu berupa sedekah kepada bumi. Ini juga merupakan perwujudan rasa syukur terhadap Tuhan karena telah menciptakan

Bumi yang sejahtera.

Oleh Adinda S.

Leave a Reply