Siapa yang tak kenal jenis primata dari Jawa ini? Eksistensi Lutung Jawa memang sudah hampir punah. Karena itu, primata asli asal Jawa Timur ini membutuhkan penjagaan yang ekstra. Di Coban Talun Kota Batu, terdapat pondok yang disebut konservasi untuk Lutung Jawa sebelum dilepasliarkan ke hutan belantara. Bisa juda pondok ini disebut rumah bagi mereka.

Foto: Jelajah Batu

Foto: Dokumen Pribadi Jelajah Batu

Pondok konservasi Lutung Jawa sebelum dilepasliarkan ke hutan belantara.

Foto : Greeners.co

Foto : Greeners.co

Satwa yang dijenguk melewati proses rehabilitasi selama 6 bulan dan dimasukan ke kandang sosialisasi untuk pembentukan kelompok dan adaptasi.

Foto : Jatim Times

Foto : Nasional Tempo

Seorang mahasiswa sukarelawan saat melihat satwa Lutung Jawa bagian timur sebelum dilepasliarkan di kandang Javan Langur Centre, Coban Talun, Batu, Jawa Timur.

Foto : Mongabay.id

Foto : Mongabay.id

 

Sebanyak 19 ekor lutung jawa (Trachypithecus auratus) diperiksa kesehatannya di Javan Langur Centre (JLC), the Aspinall Foundation Indonesia Program di Coban Talun, Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (09/8/2019).

Foto : Mongabay.id

Foto : Mongabay.id

 

Mahasiswa magang mengecek kondisi lutung jawa pasca diperiksa kesehatanya di Javan Langur Centre (JLC) di Coban Talun, Kota Batu, Jatim, Jumat (09/8/2019). Foto : Falahi Mubarok/ Mongabay Indonesia

Foto : Jatim Times

Foto : Antara

Primata itu turun dari pohon untuk mencari air tawar di bak pada siang hari. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Foto : Kompas

Foto : Kompas

JLC Coban Talun akan terus kedatangan lutung baru yang siap direhabilitasi dan dilepasliarkan.

Foto : Medcom.id

Foto : Medcom.id

Contoh salah satu Lutung Jawa yang sudah diperiksa kesehatannya, kemudian dikandangi sebelum menuju proses dilepasliarkan.

 

“Panjang Umur, Lutung Jawa!” Kata-kata inilah yang ingin ku katakan ketika melihat foto gambar Lutung Jawa. Bulu rambut lebat dan wajah lusuh nan menggemaskan, “Ayolah sayangi aku seperti anak dan cucumu sendiri!”

Cerita ini dibuka dengan keberadaan rumah konservasi Lutung Jawa. Pondok lusuh berwarna hitam dengan bendera merah putih bergelantungan di bagian depan atap. Rumah tersebut dijadikan rumah konservasi bagi mereka, si Lutung Jawa. Tempat mereka bermain, beradaptasi, serta belajar. Terlihat seorang petugas yang memakai masker memberi makan si Lutung Jawa berwarna hitam dengan dedaunan di dalam kandangnya. Ada pula momen dimana sebanyak 13 Lutung Jawa dilepasliarkan di kawasan hutan Coban Talun dan dipersilahkan untuk berkembang biak. Lutung berwarna coklat terang sedang menatap keluar kandang, seperti ingin keluar, tidak sabar selesai direhabilitasi.

Lutung Jawa butuh kita. Ketika ia lemah, ia juga butuh seorang dokter untuk merawatnya dan butuh dukungan dari kita para manusia untuk memberikan support secara moral. Kalau bukan kita, siapa lagi?

 

Oleh: Adelia S.

Leave a Reply