Bukan Rio De Janeiro milik Brazil, melainkan vila Songgoriti milik Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia. Ikon Kota Batu yang terkenal di seluruh penjuru kota ini berlokasi di Kawasan Wisata Songgoriti. Siapa yang tak kenal kawasan wisata tersebut? Tak hanya vila, tetapi ia juga dikenal dengan pasar wisata, pemandian Tirta Nirwana, tempat outbound super kece, wisata Candi Songgoriti, downhill, paralayang, serta masih banyak lagi.

Sumber: Photomalang.com

 

Mirip Rio De Janeiro bukan? Sentuhan kehidupan masyarakat urban namun penuh akan budaya yang bercerita. Pohon rindang yang banyak, udara sejuk dan cocok untuk beristirahat.

Sumber: Jejakpiknik.com

 

Jika foto di atas versi di siang hari, ini versi malam hari. Rumah warga tampak seperti kawasan Rio De Janeiro yang berpadu dengan lampu warna-warni, serta rindang dan gelapnya pepohonan di atas perumahan.

Sumber: Alvira Darra

Tak perlu ribet jika ingin berwisata ke Batu. Cukup menggunakan motor besar seperti yang dilakukan Alvira ketika melaju ke kawasan Songgoriti. Akan lebih mengasyikkan jika liburan berbondong-bondong, dengan teman atau orang-orang tersayang.

Sumber: id.cregasia.com

 

Berwisata ke Songgoriti, boleh pula mengunjungi vila adem di sana. Ini merupakan salah satu contoh vila yang ada. Bukan untuk hal aneh, namun bercanda tawa dengan orang tercinta. Mengasyikkan bukan? Apalagi ditemani hidangan barbeque di malam hari.

Sumber: outbondmalangnet

 

Selain itu, kamu bisa juga mengunjungi kolam Tirta Nirwana dengan keluarga, sembari menikmati pemandangan indah di atas jembatan Tirta Nirwana juga perahu kecil. Memang, Songgoriti terkenal akan wisata yang beradu dengan alam dan sejarahnya yang kental.

Sumber: nusadaily.com

Nah, ini wisata sejarah Songgoriti, yaitu Candi Songgoriti. Candi Songgoriti  termasuk candi paling tua di Jawa Timur. Tak hanya itu, candi ini sempat diusulkan sebagai salah satu keajaiban dunia. Perawat candi, Haryoto mengaku sudah pernah dipanggil ke kementerian perekonomian dan kesejahteraan rakyat pada 8 September 2013 untuk dimintai pendapat terkait keajaiban Candi Songgorti tersebut.

Sumber: Dolanjatim.com

 

Ada yang menarik lagi rupanya! The Onsen Hot Spring Resort yang terletak di Kawasan Wisata Songgoriti. Kini tidak perlu jauh-jauh dan merogoh dompet dalam-dalam untuk berlibur ke Jepang. Sebab, di sini kamu akan merasakan sensasi ala Jepang. Perlu kamu ketahui jika air panas yang ada di The Onsen Hot Spring Resort ini berasar dari sumber air candi Songgoriti di mana air tersebut mengandung belerang yang kaya akan mineral.

Sumber: Outbounddimalang.com

 

Kalau sudah puas mencoba segala wisata di Songgoriti, kamu harus mencoba ke Pasar Songgoriti untuk sekedar membeli kenang-kenangan dan oleh-oleh untuk orang rumah, sahabat, atau pacar mungkin?

 

Hm, sepertinya menarik sekali Kawasan Wisata Songgoriti ini. Tempat ini bisa menjadi tempat refreshing melepas penat akan suatu masalah. Bayangkan saja. Apalagi ketika kamu merasakan hangatnya kolam pemandian alami, segar bukan? Yuk, kalau pandemi usai, ramai-ramai mengunjungi Kawasan Wisata Songgoriti, belajar dan mencintai alam dan juga sejarah!

Oleh Tim DibalikBatu

Sumber Foto: jejakpiknik.com

Leave a Reply